Big Dreams Become Real in Milan, Italy

MLN59What’s on your mind when you already arrived in your biggest dream city? This is CRAZY. I wanna die. Tante Angel emang udah paling juara, dia mau nemenin gw yang niat banget mau ngedatengin ke kotanya AC Milan, yes ke MILAN. Klub bola yang gw favoritin semenjak gw pacaran sama my-EX dulu. Dia meracuni gw di tahun 2009 jamannya ada Sheva, Inzaghi dan Kaka dibawah asuhannya Ancelotti. Dulu gw mulai mengerti, mengikuti dan suka banget bola dari tahun 2006, pas Italy juara Piala Dunia. Langganan koran Top Skor tiap pagi, gw inget banget abang korannya naik sepeda nglemparin koran itu ke garasi rumah gw, gunting-guntingin berita dan pemain-pemain dari koran terus gw bikin jadi makalah. Gw gak ada fanatik klub bola pada saat itu tapi mengikuti semua jenis bola dari berbagai klub, satu yang pasti dulu gw suka Cristiano Ronaldo pas masih 17 tahun di klub Manchester United, dancing skillnya itu lho pas giring bola dan gocek lawan, gak ada tandingannya. Berhubung gw pacaran sama my-EX dulu cukup lama, teracuni lah gw untuk menyukai Milan dan segala masa kejayaannya dalam beberapa dekade dengan pesona sang kapten Paolo Maldini yang sangat bersinar sebagai Bek paling kuat, itu cukup memikat gw dengan segala permainan bola Italy pada masa itu. Sekian intermezo-nya. Back to my “Europe Trip 2013” story.

MLN45

Disela-sela Europe Trip yang hanya 2 minggu dan kebanyakan di Belanda, gak banyak kesempatan gw untuk nginep lama di Milan jadi cuma 2 hari aja. Gw tau itu sebentar banget tapi Tante emang banyak kepentingan di Belanda jadi kita gak punya buat berlama-lama di Milan. Gw sih iya aja, yang penting gw harus ke San Siro, Milan. Pada saat itu musim Serie A udah selesai dan Juventus keluar sebagai pemenang scudetto. Dari bandara Schipol gw yang cuma berdua sama Tante Angel langsung menuju ke Malpensa, bandara Milan. Setelah sampe Malpensa kita langsung menuju ke Central Train Station dan mencari info untuk menuju langsung ke tujuan utama gw ke San Siro.

MLN1MLN2

Gw yang masih bawa tas tentengan isi baju dikit buat dua hari di Milan terlihat konyol. Hahaha. Asli udah kaya orang katro dan wanderer banget gw. Salutnya sih Tante yang juga bawa tentengan tas ringan mau aja gw ajak jalan-jalan jauh kemana-mana. Gw tau itu capek, gw tanya gak apa-apa kalo kita akan repot cari-cari jalan begini? Kata dia gak apa-apa mumpung lagi disini. Dia sepertinya tau gw tergila-gila akan hal ini, makanya dia mengerti. Di Central Station Milan gw tanya dan mendatangi ke bagian khusus turis yang membagikan map dan memberi semua info yang kita butuhin. Walaupun gw agak stress, Tante gak fasih english, dia bisanya Holland spreken aja sementara orang-orang Milan bisa English dikit-dikit. Dengan kepintaran yang cukup oke gw mengikuti peta brosur yang dibagikan di situ. This is what I take to get there, please bold and use the underline: The closest metro station near San Siro is Lotto, from where it is an approximate 15 to 20-minute walk to the stadium. Lotto is on metro line 1 (red), which goes right through Milan’s historic centre (e.g. stops Cairoli, Duomo, and San Babila). From there it is a fair walk, although there should be plenty of other fans heading in the same direction. Go past McDonalds (on your left), and take Via Caprillo, following the line of trees along the edge of the Ippodromo. This route takes you to the Curva Nord, the northern end of the stadium. Hope it will help you, guys.

MLN3

heboh warga ada orang pingsan di metro

Di Lotto pun gw sempet beli McDonalds dulu mengisi energi yang kebuang, lanjut jalan dan sampe nanya mulu gw ke satpam dan orang yang ada disitu masih jauh atau gak, mereka selalu bilang deket dan jalan kaki saja. Gw ikutin terus gak sampe-sampe, gw sama Tante udah desperate sampe mau naik bis aja tapi jarang yang lewat. Mengeluh ada sekitar 10 menit sambil jalan akhirnya sampe juga gw girang kaya mau guling-gulingan rasanya. Sepi sih disana karena emang gak ada pertandingan. Langkah terus maju menuju pintu masuk yang mau ke Museum San Siro.

MLN4MLN49

Disitu udah mulai banyak fans dari berbagai negara yang emang pengen ikut tour San Siro. Penjaga tiket masuknya pun tau kalo gw dari Indonesia, mungkin memang Indonesia cukup terkenal banyak yang dateng kesana dan bahasanya mereka sering denger. Dari situ gw ikuti panduan tour guide bersama rombongan lainnya ke Museum liat beberapa patung seperti Maldini, jersey Mediolanum yang away (terkenal pada tahun 91/91) di bingkai rapih, kemudian liat beberapa tanda tangan Boban, Weah dan pemain-pemain lainnya.

MLN10

MLN50MLN9MLN6MLN8MLN24MLN26MLN25MLN27MLN28MLN31MLN29MLN33MLN34MLN35MLN63MLN36MLN7MLN80

Lanjut ke changing room Internazionale yang biasa aja *peace* dan AC Milan yang luar biasa *muah*.

MLN76MLN13MLN17MLN95MLN96MLN97

Paling gokil ke stadium San Siro langsung liat lapangan hijaunya. Ah-May-Zing! Lotta love ❤

MLN46MLN69MLN70MLN71MLN72MLN18MLN19MLN73MLN74MLN75MLN78MLN51

Alhamdulillah Thank to Allah, SWT dikasih kesempatan untuk menginjak daerah sekitar stadium San Siro. Doa gw selanjutnya semoga gw kesini lagi dengan menonton pertandingan mereka, apalagi kalo liat AC Milan yang scudetto. AMIN! Selesai ikut tour guide kita diantar ke AC Milan store yang bentuknya kaya mobil jualan. Truk yang berisi merchandise Inter dan AC Milan. Gw beli beberapa disitu.

MLN20MLN21MLN22MLN23MLN79

Dari situ kita ke Duomo, tempat yang paling terkenal di Milan buat berbelanja barang-barang fancy. Milan yang terkenal dan dunia fashionnya pasti brand merek-merek terkenal berceceran dimana-mana, tinggal jalan dikit juga pasti nemu disekitar Duomo. Bangunan klasik nan megah itu sangat besar dan keren, banyak wisatawan juga disitu. Kita sempet beli provider TIM dulu untuk 2 hari disana di Duomo, dan jalan-jalan keluar lagi cari hotel di sekitar.

MLN83MLN82MLN85MLN84

Sebelumnya gw dikenalin sama bang Toel lewat BBM mengenai seorang milanisti Indonesia yang stay di Milan cukup lama, namanya Indra. Gw dikasih nomornya untuk bisa nanya-nanya langsung kalo tersesat. Gw yang lagi bingung di Duomo mau kemana lagi cari hotelnya, gw langsung tanya Indra lewat SMS. Karena dia balesnya lama jadi gw keliling-keliling Duomo sampe jauh kemana tau dan tiba-tiba gw cek maps di hape gw kalo gw udah di Breda. Aaaakk gw nyasar kemana tau!!

MLN100

muka orang nyasar

Tapi gw selow, makan dan ngopi dulu gw di cafe-cafe pinggir jalan sambil baca-baca peta.

MLN43MLN42MLN41MLN44

Dari situ Indra bales dan kasih petunjuk yang gak begitu gw paham dan akhirnya gw memilih untuk naik metro kembali dan cari hotel di tempat biasa anak-anak Milanisti Indonesia pada nginep, yaitu di Hotel Agape. Walaupun jauh tapi biar aman dan gak ribet gw mending kesana. Sampe hotel udah cukup sore kemalem-maleman, Tante Angel pesen kamar dengan breakfast.

MLN98

Hotel Agape

FYI, hotel disana bayar kamar belum termasuk breakfast. Repot eym. Besoknya kita sarapan dulu, sarapan di hotel Eropa ala kadarnya  banget, isinya roti, sayur, buah, corn flakes with milk and bla bla bla. Gak ada nasi goreng seperti yang kalian harapkan ya. HAHA! Lanjut kita jalan-jalan ke Duomo lagi sambil check out dari hotel.

MLN66MLN67MLN68MLN99

Temen Tante Angel yang orang Indonesia stay di Milan (lupa namanya) nyusul ke Duomo bersama bayinya. Kasian sih dia bawa bayi jalan-jalan tapi kayanya dia juga mau berjumpa dengan kita. Dikasih tau lah kita sama temen Tante store AC Milan yang ada 2 di Duomo.

MLN64MLN53MLN58MLN52MLN57MLN48

Di toko AC Milan, gw nemuin banyak orang Indonesia lagi berlibur. Wih banyak juga orang kaya dari Indonesia pada ke Milan *dalam hati*. Mereka pun nanya gw dari sezione mana Milanistinya dan mereka ngajak gw foto bareng. Berasa artis gw. HAHA!

MLN92MLN94MLN93MLN56

Satu satu gw datengin dan harus beli barang-barang AC Milan. Gilakkk kalap gw. Mampir ke store Disney juga bagus-bagus banget, suka sama semua koleksi Disney. Es krim Gelato wajib di beli. Gelato makanan khas Italia yang selalu ada di Milan dengan harga cukup 1,5 Euro.

MLN90MLN89MLN88MLN65MLN55MLN86

Kegiatan yang keliatannya biasa aja tapi menurut gw ini udah AWESOME, bersyukur banget. My dreams f*cking come true, man. So I have to pack my bag now and back to NL. I’m not forget to say thank you for my Tante Angel, partner susah, capek, seneng-seneng bareng di Milan. Good day. See you in Paris, guys (article updated soon). Ciao

NL670

my stuff

Leave a Reply

