The Family of Dutch Descent

NL79Pada akhir bulan Mei 2013, beruntung gw akhirnya diajak juga ke Belanda sama Tante Angel (step mom). Kalo dia emang tiap setahun sekali berkunjung kerumah kakaknya (Tante Maureen) yang stay di De Akkers, Rotterdam. Gw, Tante  dan Shella (anaknya Tante Lea, kakaknya Tante Angel) janjian di bandara dan siap untuk berangkat. Tante Lea udah berangkat duluan karena dia ngurusin acara Pasar Malam Indonesia di Den, Haag. Asal usul keluarga gw emang dari Mama dan step mom ini sama-sama ada keturunan Belanda, Ibunya mereka yang ada turunannya, jauh ya jauh makanya hasilnya kaya gw. Kedoyanan bokap berarti milih-milih yang setipe gitu. Hahaha. Tante Maureen sekarang tinggal sama Om hengky suami kedua’nya dan gw akan tinggal disana selama Europe trip ini berlangsung. Pengennya gw lama disana sebulan kalo bisa, apa daya saya hanya karyawan yang otomatis gak bisa cuti selama itu. Tapi berpergian selama 2 minggu gw rasa seharusnya cukup. Sempet gw utarain ke Tante Angel kalo gw gak mau cuma di Belanda, gw mau sekalian ke San Siro Milan.. Phluesseeeeee (baca: please). Cerita selama gw di Eropa gak banyak tapi fotonya aja ya yang banyak. *kiss*

Baru pertama kali gw naik pesawat yang lama banget dan kedinginan parah. Kerjaan selama di pesawat cuma makan, tidur, cuci muka, p**, nonton film, dengerin musik, begitu terus diputer-puter aja kegiatannya. Coba ada taman bermain, ngantrinya berjam-jam gak berasa pasti. Tiba di bandara Amsterdam Schipol rasanya kaya lega banget, pengen foto-foto, mandi dan pulanggg.. Pulang kerumah Tante Maureen maksudnya. Hehehe.

NL

Gw, Tante Angel, Shella

Di bandara gw janjian ketemu Dalle (dulu pacar Raisa, LDR-an, sekarang udah nikah mereka), karena Raisa nitip barang buat dikasih ke Dalle yang udah lama tinggal di Jerman, tapi Dalle untungnya mau datang ke Amsterdam bela-belain. Cihuy.

NL3

Dalle & Me

Dalle sempet nawarin buat nganterin kita kerumah Tante Maureen naik mobil yang disewa dia, tapi karena gw dan Tante Angel udah ada yang jemput dari orangnya Tante Lea jadi kita sama pak Driver (lupa namanya) itu. Rumah Tante Maureen seperti apartment gitu jadi harus buka pintu, naik tangga dan cari flat-nya. Ramah banget deh kita disambut sama Tante Maureen, Om Hengky dan anaknya yang perempuan Loana. Tentu gw juga jadi seneng. Flat yang terlihat kecil, simpel tapi malah nyaman banget. Warna putih dan abu-abu hampir meyelimuti seluruh ruangan di flat mereka.

NL2

living room

NL1

view from their flat balcony

Tante Maureen yang jago masak ini langsung ngehidangin kita makanan Indonesia yang cukup banyak. Waahh enak nih. Daerah sekitar flat yang gak begitu banyak orang emang sangat terasa, jadi bingung mau ngapain. Tante Magdalena dan anaknya, teman baik Tante Maureen yang orang Indonesia tapi tinggal di Belanda sama anaknya (lupa lagi namanya) datang berkunjung untuk main dan gosip-gosip. Besoknya kita, gw berlima sama Tante Angel, Shella, Tante Magdalena dan anaknya pergi ke Amsterdam mau ke Madamme Tusaaud, mau mampir liat saudara-saudara yang udah di-lilin-nin. Hehe.

NL74

Girl, Magdalena, Angel, Me

NL8

trams station

NL91

NL80NL41NL40NL7NL9NL10NL11NL12NL13NL14NL16NL17NL18NL19NL20NL21NL22NL25NL26NL27NL28NL31NL32NL34NL35NL36NL37NL39NL75NL24NL30NL29

Pulangnya mampir tempat souvenir dan mau liat cewe-cewe di Red Lights, sayang gak boleh foto. Ngeliat weeds store dimana-mana karena emang legal di negaranya. Banyak orang jualan dipinggir jalan karena agak murah harganya, yang tadinya gak mau lirik, jadi kena magnet liat-liat barang.

NL76

NL78NL77NL87

Malam-malam berlalu, ternyata Loana pun nagajakin kita buat hangout ke bar-bar dekat central mereka di Spijkenisse Centrum. Bar-bar kecil disana cukup banyak. Jadi gw dan Shella pun ikut karena penasaran dan pengen tau aja gaulnya mereka kaya apa. Pas dateng kesana lucu deh bartendernya laki tapi berpakaian dan pake wig cewe gitu. Gw nanya ke Loana (bisa bahasa tapi prefer english) kalau itu bener laki atau gay/transgender? Kata Loana itu cuma bercanda, dia lelaki tulen. Jam 12 bener aja cowo itu ganti pakaian jadi normal.

NL4

Bir disana agak murah lho guys 1 – 10 Euro kira-kira. Karena penasaran jadi gw minta Loana yang waktu itu dia bawa pacarnya (Benna) untuk pindah ke bar-bar lainnya. Ada bar khusus gay juga lho, pas masuk eh kebanyakan lakinya tapi gay jadi gw gak lama keluar deh. HAHA! Kita kenalan juga sama sahabat-sahabatnya Loana, ada Dylan, Jeroen dan lain-lainnya. Welcome dan ramah sekali sama gw dan Shella. They treat us really well all night. Tiba-tiba gak berasa udah mau pagi. Ada accident di klub sebelum pulang, Loana lupa taruh nomor kupon jaketnya dimana, sampai debat sama security sana karena gak boleh ambil jaket atau coat kita kalo gak ada nomor, Loana sampe diusir keluar tapi Loana tetep ngebela diri. Kita semua bantuin Loana, sampe yang laki-laki juga bantu maju. Pada akhirnya kita dapet juga, walaupun harus berantem sampe Loana nangis, kakinya lecet, cari taksi gak ada sama sekali di jalanan, Metro belum buka. Alhasil kita menelpon supir taksi buat jemput kita lumayan lama sekitar 1 jam kita nungguin taksi diluar yang cuacanya lagi dingin banget, sekitar 5 derajat. Tangan gw udah susah mau ngapa-ngapain rasanya.

NL6

Hari-hari biasa pun berlalu tak terasa. Loana pun ngajak jalan gw dan Shella lagi kali ini kita agak ke ujung Rotterdam mau cari pantai. Whattt dingin-dingin ke pantai, kena anginnya aja gw udah gak tahan. Iya sih gak musim winter tapi tetep aja, summer belum berasa disini. Gw ikut aja deh sekalian jalan-jalan cari suasana dan kenalan temen-temen baru. Mobil keren jemput nih, pas liat mukanya wah ganteng, bener aja sebelumnya Loana cerita kalo temennya ini ada turunan Indonesia tapi gak bisa Bahasa. Namanya Rizky Ricardo. Nyusul dateng ke mobil ada Jason, pasukan lengkap kita langsung cuss. Ngebut banget dia bawa mobilnya, untung sepi jalanan. Off we go! dijalan menuju ke pantai, music RnB & hip hop keras-keras dinyalain, gw nikmatin aja sambil liat pemandangan dari kursi belakang. Pantainya sepi banget, kita cuma nyemil makan-minum sambil dengerin Jason-Loana duet nyanyi lagu Musiq Soulchild – Just Friends. Just relax and sit back baby, listen their golden voice. Love it!

NL68

Me, Shella, Rizky, Jason, Loana

NL67

Garuda Indonesia tattoo in his right shoulder

NL69NL71NL66

Malamnya mau cari cemilan dulu buat perjalanan menuju rumah tapi ternyata pada tutup. WEW. Kerja disana keliatannya seru, jam 5 udah pada tutup toko rata-rata di De Akkers. Mereka gak perlu lembur, guys. Gak enaknya adalah gw sebagai pembeli jadi susah kalo mau cari barang mendadak di mini mart malam-malam.

NL54

Kebesokannya Om hengky-Tante Maureen temenin kita ke Volendam, mau foto ala-ala pake pakaian tradisional nelayan Volendam, itu harus banget sih. Kota ini merupakan sebuah kota pelabuhan yang terkenal. Banyak wisatawan yang berkunjung kesini.

NL47NL45NL51NL89NL59NL46NL57NL48

Jalan-jalan, belanja, makan udah di Volendam, Nikmatin perahu-perahu nelayan yang berjejer di pinggiran kota dulu ah. Arsitektur rumah-rumah di daerah Volendam ini juga unik, pengen banget gw punya satu di Jakarta atau disitu juga boleh. *nawar*

NL88

Me & Maureen

NL49NL50NL81NL93NL53NL56NL82NL44NL52

Di hari lainnya. Loana ngajakin gw dan Shella main di taman bermain (Kermis) dari sore sampe malem. Kita disana ketemu lagi sama Dylan, Jeroen, Benna dan yang lainnya. Seru banget mainan-mainannya.

NL64NL65NL95

Setelah bersenang-senang terus mari mampir kerumah sepupu dan saudara tante Angel yang lainnya untuk berkunjung dan makan siang bersama. Rumahnya yang ada halaman belakangnya cozy banget. Kenalan dan foto-foto aktifitas yang harus dilakukan dimana-mana. Iyaa, capek liatnya kan? Sama.

NL96NL99

Sebelum keliling Milan dan Paris (article updated soon), ternyata kita harus print tiket, dan ngprint itu gak gampang disini, kita harus ke perpustakaan yang letaknya agak jauh dari rumah Tante Maureen, Pe-eR ya. Demi Milan dan Paris saya gak capek! *semangat*. Kita bertiga juga jalan-jalan mampir ke toko pakaian dulu di Spijkenisse Centrum.

NL63NL62NL60NL83NL61NL84

Sepupu gw yang lain, Dewi Klomp, dateng kerumah Tante Maureen untuk jemput gw, Tante Angel dan Shella mau jalan-jalan ke Den Haag. Gak seru juga sih kalo kita gak ke Malieveld, Den Haag nyamperin Tante Lea liat acara Pasar Malam Indonesia itu seperti apa.

NL98

Dewi & me

Pasar Malam Indonesia menggelar pameran produk kualitas ekspor dari berbagai usaha di Indonesia, memberikan informasi wisata berbagai destinasi. Pengunjung juga berkesempatan untuk menikmati masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia di area restoran yang bergaya “food court”. Selain menampilkan pertunjukan berbagai artis Indonesia keturunan Belanda, kegiatan ini juga akan membawa sejumlah artis ternama Indonesia yang pada saat itu Waldjinah, penyanyi tradisional Jawa datang meramaikan acara dan pagelaran seni budaya dari berbagai daerah. Gw pun sempet foto-foto disana.

NL72

w/ Waldjinah

Pesan dari mama, sebelum pulang ketemu sama Opa Jimmy dulu ya. Opa Jimmy itu adiknya Oma gw (dari nyokap kandung) yang ada turunan Belandanya juga. Gw kalo kerumah Opa Jimmy jauh gak tau naik kendaraan apa aja jadi Opa Jimmy dan Oma Jeanne istrinya dengan berbaik hati mau datang berkunjung kerumah Tante Maureen, dan Opa Oma bawa cucu mereka. Lucu bangettt… ❤

NL101

w/ Opa Jimmy

NL97NL100

Banyak cerita pastinya kalau keluar negeri, tapi pegel juga ini nulis. Selain tangan, otak mikir semua sih udah kaya mesin. Europe trip 2013 is done. I’m so grateful, sangat berkesan. Menambah teman baru, diajarin beberapa bahasa Belanda, mengenal karakter orang Belanda, nyobain makanan disana (patat/potato disana udah paling The Best). See you another trip! Tot ziens ya. xx