Hunting a Bunch of Dolphins in Kiluan Bay, South Lampung

KLN28

before heading to Lagoon

Semakin banyaknya tawaran paket dari tour n’ travel ke traveler, bikin gw tertarik ikut ajakan Nunu-Danu yang pada saat itu kakaknya Danu (Teh Put dan pacarnya) ngajakin kita untuk berlibur ke Kiluan, Lampung. Bulan April 2013, “Rani Journey” nama tour n’ travel yang kita pake untuk trip kali ini. Rani seorang backpacker yang ternyata lulusan LSPR juga sama kaya gw tapi beda angkatan dan dia adalah temannya Teh Put. Total temen-temen yang ke Kiluan 7 orang termasuk Gw, Teh Put-Pacarnya, Danu-Nunu, Dias-Nana. Tadinya yang gw gak tau apa-apa soal pantai-pantai di Lampung, gw search aja di google ternyata emang surga tersembunyi banget yang gak banyak wisatawan tau dari pantai lepas satu ini. Gak pake lama gw mengangguk dan dalam hati, “I’m definitely ready for another adventure”.

~ day 1 ~

Pulang kerja seperti biasa gw janjian sama temen-temen yang lain untuk berangkat bareng. Rani yang hanya seorang diri sebagai host trip kali ini mengawali perjalanan dengan meeting point-nya di terminal Kampung Rambutan dan naik bis menuju ke pelabuhan Merak. Setelah lama menunggu bis kita di Kampung Rambutan, akhirnya kita berangkat juga jam 9 malam dengan bis yang yang ber-AC tapi penuh sesak sekali dengan penumpang-penumpang lainnya yang tujuannya sama dengan kita. Perjalanan dari Kp. Rambutan ke pelabuhan Merak yang seharusnya hanya 3 jam-an ternyata karena macet yang tak terduga, kita sampe jam 2 dini hari.

~ day 2 ~

Tidak langsung berangkat, kita juga masih menunggu jadwal kapal Ferry selanjutnya yang nyebrang dari pelabuhan Merak ke pelabuhan Bakauheni Lampung. Sambil menunggu kita makan dan minum dulu dan setelah itu mengantri untuk naik ke kapal Ferry. Rata-rata durasi perjalanan yang diperlukan antara Merak ke Bakauheni atau sebaliknya dengan ferry ini adalah sekitar 2 jam.

KLNGw baru pertama kali naik kapal sebesar ini dan ternyata lumayan aman dan nyaman. Bisa milih tempat mau yang indoor dengan AC atau outdoor dengan AC (Angin Cepoi). LOL. Gw agak susah tidur, karena pemilihan tempat yang dingin banget deket AC dan penuh banget tempat duduk yang lainnya. Akhirnya gw dan Nana memilih tidur ditempat tidur yang disediakan bareng temen-temen. Penumpang kelas ekonomi bisa tidur beramai-ramai di sebuah kamar yang dilengkapi kasur. Di dalam kapal terdapat rumah makan, kafetaria, toko kelontong, bioskop mini, arena pertunjukan musik, dan musholla. Lengkap sekaleeee. 2 jam berlalu akhirnya kita sampe juga di pel. Bakauheni dan sholat dulu karena udah jamnya untuk sholat subuh.

KLN1Bis depan menuju Rajabasa udah menunggu, kita langsung naik ke bis dan berhenti di Kalibalok. Dari bis kita pindah ke minibus APV untuk melanjutkan perjalanan kita ke Kiluan yang seharusnya hanya hanya 4 jam, tapi ternyata malah sampe 6 jam karena jalanan menuju teluk Kiluan sangat curam dan rusak belum beraspal, disarankan untuk tidak menggunakan mobil sedan menuju kesana.

KLN26KLN27Sebelum sampai ke tujuan utama, kita melihat di sebelah kiri ada pantai cantik sekali, kata driver kami itu namanya Pantai Klara. Wow pantai dengan warna biru yang membentang jauh sangat menyejukkan mata sekali.

KLN2

Klara beach

Sesampai Kiluan kita langsung menuju ke tempat penginapan. Setelah itu makanan siang yang udah disiapkan oleh warga disitu. Makan siang dulu lah kita untuk menambah energi dan siap-siap ke petualangan selanjutnya.

KLN24Sorenya kita akan menuju ke Laguna dengan tracking yang cukup panjang, terjal dan curam. Harus hati-hati banget dan pastinya kita semua harus menggunakan sendal gunung. Kalau melihat yang lainnya pada bawa pacar, sendirian rapopo banget aku mas. HAHAHA!. Pada ujung-ujungnya laki-laki itu juga harus membantu gw mendaki batu dan tebing-tebing yang curam (kalo lihat ke bawah banyak batu-batu besar). Laguna didepan mata, ambil foto-foto dulu itu harus, berenang dan merasakan hempasan ombak di Laguna. Seneng-senengnya udah tapi mikirin baliknya lagi kaya pengorbanan yang akan kembali di uji. Huaaaaa.

KLN23KLN6KLN21KLN22

Lanjut lagi sebelum malam, kita berangkat menuju Pulau Kelapa dan akan mengambil foto sunset disana. Pulau Kelapa sangat indah sekali, pasirnya yang putih dan air laut yg sangat biru bening bersih. KEREN! Kegiatan udah selesai untuk hari ini, saat balik ke penginapan mati lampu dongggg, yang pada mau mandi berebutan ke kamar mandi. Waduh karena gak mungkin juga kalo gak mandi akhirnya gw, nunu, nana, dias, mandi disumur warga. Untungnya mereka dengan senang hati meminjamkan sumurnya untuk kita mandi bergantian. Lucu juga sih, yang cowo nimba-nimba air dari dalem sumur, yang cewe tinggal nunggu aja didalem. HAHA! Mandi udah, makan malam udah, tidur deh yuk karena besok mau ngeliat lumba-lumba.

KLN12KLN13KLN20

~ day 3 ~

Jam 5 pagi kita udah disuruh bangun dan siap-siap karena jam 6 perahu Jukung akan menjemput kita untuk melihat ikan lumba-lumba di laut lepas. Satu perahu Jukung berisi 3 orang saja. Gw bertiga sama Nunu-Danu.

KLN3KLN5

Satu jam nungguin belum ada tanda-tanda kemunculan lumba-lumba tapi setelah sabar menanti ternyata mereka lompat-lompat dari jarak yang agak jauh. Mereka kalo kita deketin pasti takut gak akan mendekat. That’s why gw susah banget ambil gambar lumba-lumba dari jarak deket. Tapi seneng banget ngeliat mereka bergerombolan disekitar kita lompat-lompat kaya main sama keluarga dan temen-temennya.

KLN10

The Dolphins (Taken by Kirana) TOP!

Tak terasa matahari seperti sudah sangat mencolok, kita pun harus balik ke penginapan dan waktunya makas siang. Lapaarr.. Kenyang makan, kita beberes dan akan pulang deh ke Jakarta.

KLN19

Saat perjalanan pulang, ternyata kami serombongan berhenti dulu di suatu tempat untuk menuju dan menelusuri pantai tersembunyi lainnya. Tadinya yang cewe-cewe kaya gw, Nunu dan Nana udah capek mau dimobil aja, akhirnya gw dan Nunu ikut turun karena penasaran sama Pantai Pasir Putih.

KLN18

otw white sand beach

KLN7KLN8KLN15

Disana gak banyak aktifitas, kita cuma foto-foto bentar kemudian balik ke mobil dan menuju Lampung dulu untuk beli oleh-oleh di Yen-Yen. Tempat yang sangat terkenal untuk membeli oleh-oleh ciri khas Lampung pastinya. Seharusnya pas kita sampe kota Lampung harus pindah ke bis untuk ke pelabuhan Bakauheni, tapi karena udah capek dan males jadi kita bayar lebih deh ke driver APV kita, si Pak Grace yang baik hati.

KLN16

with our driver Pak Grace

KLN17

KLN9

viem from my inn

KLN25

our inn

~ day 4 ~

Kita semua udah di dalam kapal ferry menuju ke pelabuhan merak. Gw yang tadinya masih diluar lagi ngecas handphone, ke dalem nemuin anak-anak. Ngeliat Danu-Nunu dan Dias lagi pada asik ngobrol, yang lain sih udah pada tidur. Kita nimbrung deh tuh. Dias cerita-cerita hampir semua kisah hidupnya yang absurd sampe kita ketawa-ketawa terus tap lama-kelamaan Nunu tidur disusul Danu yang melipir tidur, nah lho tinggal gw. Gw sebenernya udah lelah pengen tidur tapi ama Dias disuruh nemenin dan dengerin cerita dia yang abnormal dan gw tetep ketawa dengan kisah-kisahnya yang gak normal. Lihat keluar jendela wah udah sampe di pelabuhan Merak. Jadi selama perjalanan cuma gw dan Dias yang gak tidur. Terlalu. Di Merak gw cari bis yang menuju ke Cawang, Jakarta yang lewat tol Meruya. Gw turun dideket tol kebun jeruk dan kakak ipar gw yang udah gw minta tolong sebelumnya jemput disitu sekitar jam 5 subuh dan nganterin gw pulang.

KLN14KLN11

Thank you Dias dan Nana yang mempunyai koleksi foto-fotonya cukup bagus. Saya izin sedot beberapa hasil jepretan foto kalian buat di blog ini ya. MUAH! Alhamdulillah. This journey was amazing, exploring some new places, discovered a hidden paradise. Can’t wait to tell you another amazing story. 🙂