Discovered Some Historic Museums in Semarang, Central Java

SMG18

Gedong Songo Temple

Liburan udah kaya naluri alami yang gak bisa dipendam begitu saja pada diri gw, once udah menggebu-gebu berarti harus segera dilakukan dan dilaksanakan. Sebenarnya pada akhir tahun 2012, gw cek website penerbangan lagi banyak diskon, gw langsung book penerbangan ke Semarang pada bulan Maret 2013. Kalau ditanya, emang ada apa di Semarang? Paling cuma kuliner aja lo disana. Gw ga peduli, pikiran gw waktu itu yang penting liburan sama keluarga. Iya bener, gw ajak kakak gw dan nyokap gw, jadi perjalanan ini cuma bertiga aja. Nyokap gw yang pada saat itu gw liat kaya jarang banget  jalan-jalan bareng yang jauh sama gw dan kakak gw, gw ajak aja dan dia mau (diajak kemana aja mah dia pasti mau, maklum semua keluarga gw doyan jalan-jalan sepertinya). Ke Semarang termasuk jauh kok, kan naik pesawat berarti jauh. Hahaha. Nyokap dan kakak gw ini lumayan seru ternyata, ke luar kota pikirannya gak cuma kuliner dan belanja-belanja doang tapi mereka mau juga explore tempat-tempat di Semarang. Ini nih yang gw suka dari mereka, jadi gak monoton perjalannya.

~ day 1 ~

Penerbangan kita dapetnya yang first flight (belinya diskonan, penerbangan pertama yang murah, bayangkan hanya dengan 1 juta untuk 3 orang PP pula). Seinget gw nyampe Achmad Yani International Airport sekitar jam 7 pagi. Hotel yang kita ambil itu di Ibis Semarang, selain harganya terjangkau untuk 3 malam dan lokasinya itu deket sama Simpang Lima. Kita lalu mencoba check in walaupun udah tau kalau masih pagi belum bisa check in tapi kita bisa titip koper di hotel sampai kita balik lagi nanti siang untuk ngedapetin kamar kita. Keluar dari hotel langsung jalan kaki cari sarapan, keliling komplek orang berharap ada yang jualan bubur or something dan akhirnya kita nemuin bubur ayam yang jualannya didalam rumah orang. Mereka bilang sih bubur ayam asli semarang, pas kita liat emang beda banget dengan tampilannya sama bubur yang biasa kita makan. Isinya bener-bener BUBUR sama AYAM tok. Waduh sesuai judul amat yak. Rasanya biasa aja tapi berhubung kita mau menghabiskan waktu sampe siang jadi lama-lamain aja dulu disitu.

SMG

Kelar makan gw, kakak dan nyokap melanjutkan jalan kaki lagi dan menemukan toko Gramedia tersembunyi karena letaknya yang bukan dijalan raya pintu masuknya. Murah-murah banget disana buku-bukunya. Seneng deh. Buku setebel buku Ghostbuster aja bisa 10ribu (khusus buku lama aja), can you imagine? Alhasil, gw ambil buku 3, maunya sih lebih banyak lagi tapi karena mikir bisa ngeberatin koper gw jadi gw tahan nafsu membeli buku banyak.

SMG26

Pulang dari situ kita mencoba balik lagi ke hotel untuk memastikan kamar yang tersedia buat kita. Setelah kamar sudah dapet, istirahat lalu melalang buana lagi disekitar Simpang Lima andalan kota Semarang. Lokasinya yang deket sama hotel Ibis bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik angkot. Sebelumnya gw dapet info dari Meta, teman dari Jakarta yang memang dia tinggal di Semarang selama kuliah. Katanya ada Es Duren maknyus dan makanan-makanan lainnya di sekitar Simpang Lima, persisnya di segitiga erlangga (coba tanya letaknya dimana sama warga Simpang Lima) . Walaupun memang di Simpang Lima ada Plasa Simpang lima, Mall Ciputra dan makanan di pinggir jalannya tapi cobalah kuliner yang agak melipir satu ini.

SMG2SMG6SMG3SMG4Camera 360

Setelah puas dan kenyang karena kita hampir nyobain semua makanan yang dijual disitu, kita balik ke hotel dan memikirkan hal yang satu ini: YES ternyata saya baru inget ditempat saya bekerja ada driver dan mobil orang Drive Test dari kantor saya yang lagi nganggur berarti bisa disewa nih buat explore tempat-tempat di Semarang, gw langsung telp dan janjian, drivernya sepakat besok pagi kita akan dijemput dan siap untuk menjelajahi Semarang untuk beberapa hari ke depan. Gw agak lupa detail jalan cerita selama di Semarang, jadi seingetnya aja ya. :p

Camera 360

view from my room hotel

~ day 2 ~

Bersiap-siap pastinya karena mas driver sudah dateng dan jemput kita di lobby. Bingung juga nih kemana ya kita. Nyokap yang tau dari temennya kalo ternyata ada Museum Kereta Api Ambarawa yang lokasinya di Ambarawa. Kita gak pake mikir langsung cuss kesana, jarak tempuh lumayan jauh tapi tak apa namanya juga adventurer.

Camera 360SMG10Camera 360SMG9

Tempat ini merupakan sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Rata-rata kereta lokomotif yang ada di museum tersebut. Foto-foto dan belanja suvenir sudah kita pindah lagi ke tempat lainnya.

SMG11SMG12SMG13SMG14SMG15SMG16

Pas dijalan kita nemuin papan Candi Gedong Songo, penasaran langsung mampir. Candi Gedong Songo ialah komplek candi yang berderet dari bawah hingga puncak perbukitan yang merupakan komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu. Letak candi-candi yang katanya ada sembilan sesuai dengan namanya ternyata pisah-pisah dan kalau mau kita liat semua kita harus nanjak terus sampe liat candi yang nomor sembilan. Karena gw bawa nyokap dan kakak jadi gak mungkin nanjak jalan kaki, jadi kita sewa kuda yang satu kuda harganya 50 ribu. Gw dikasih kuda yang paling kecil, hiks kasian kudanya. Rapopo deh aku. Selama nanjak ke puncak kita ditemenin juga sama abang-abang kudanya jadi kalau kenapa-kenapa salahin abangnya. Lah?! Pemandangan sekitar bagus banget, templenya juga cihuy walaupun banyak juga wisatawan lokalnya dan rame tapi keindahan dan keajaiban sebuah candi diatas bukit ini gak ada yang bisa ngalahin. Kita juga nemuin tebing yang ngeluarin asap. Keren lah. Gak nyesel sama ke-kepo-an gw ini terhadap sesuatu.

SMG17SMG22SMG19SMG20SMG21Camera 360

Pulang dari daerah situ, kita mau balik ke kota Semarang lagi. Diperjalanan dapet kabar dari temen kantor kalau gw harus cobain Sate Sapi Pak Kempleng di Ungaran, karena sekalian arah pulang carilah gw dan ternyata si Kempleng ini lumayan banyak cabangnya dan cukup terkenal. Nyam Nyam.

SMG23SMG24

Kota Semarang yang cukup rame warganya, tetep pesona bangunan lamanya bikin gw mau mampir. Setau gw belum ke Semarang kalau belum ke Lawang Sewu, salah satu ikon kota mereka. Cerita mistis yang sering gw denger,  kalau gedung ini tidak hanya dikenal dengan gedung seribu pintu, namun juga seribu hantu. Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman belanda yang dibangun pada tahun 1904. Katanya sih yang serem di basementnya tapi gw gak berani turun.

SMG29SMG31SMG30SMG28SMG33

Sudah hampir malam, kita pun balik ke hotel dulu baru lanjut makan malam didekat hotel. Malamnya karena ada pertandingan AC Milan jadi gw nonton di cafe hotel Ibis aja ditemenin kakak gw.

SMG8

~ day 3 ~

Aktifitas yang cukup melelahkan kemarin itu tapi buka berarti kita stay di hotel aja. Akhirnya kita pun mencoba mencari pantai di Semarang walaupun susah dan gak ada yang bagus tapi kita bisa nemuin juga tapi gw lupa banget nama daerahnya dimana. Pulangnya kita ke pusat oleh-oleh Semarang di Pandanaran, lihat kaos-kaos khas Semarang dan pastinya kita harus beli Bandeng Juwana dan Lumpia asli Semarang , toko kue Dyriana pun The BEST. Di sekitar jalan Pandanaran kita gak akan kebingungan nyari oleh-oleh karena hampir semua yang kita butuhin ada disitu buat dibawa ke Jakarta. Duh, penuh deh nih koper dan pasti bawa kardus-kardus ke dalam kabin pesawat. Udah pasti itu. Malam hari pas banget Meta dan gw mau ketemuan, Meta jemput gw di hotel, diajak keliling dan kita ke daerah Jalan Sisingamangaraja dan berhenti di coffee shop bernama Coco Madeleine, tempatnya cozy dan MURAH banget buat ukuran anak kota ke tempat coffee shop di Semarang. Worth to try!

SMG1

Kalau mau makan murah di Semarang ada banyak angkringan nasi kucing kok di pinggir jalan Simpang Lima, cobain deh. 🙂

SMG27

~ day 4 ~

It is time to go home. Thank you Semarang. I had a lot of experiences with your beautiful city in Central Java. Especially I enjoyed this moment with my lovely family. Super duper excited!