The Nearest Paradise From North of Jakarta, Pramuka Island

PPR6

Ready to snorkel around Pramuka Island

Sebulan setelah gw dan teman-teman pulang dari Pulau Pari, pada bulan November 2012, gw dan Tomy mau liburan lagi, selalu haus liburan dan pantai tampaknya. Masih mau yang dekat-dekat aja dari Jakarta. Tentu pilihan kita gak jauh-jauh dari Kepulauan Seribu. Hmm, Pulau Pramuka sounds good. Disana terkenal dengan penangkaran penyu. Mudah-mudahan ketemu dengan penyu imut itu ya, karena kalau sudah besar katanya bakal dilepasin di Pulau Pramuka. OK! Pertama cari tour travelnya dulu, lanjut cari temen. Perjalanan kali ini hampir sama dengan liburan gw yang ke Pangandaran cuma ada tambahan. Anggotanya ada Shiva-Gilang, Bram, Ebho dan Qinsi. Liburan ke Pulau Pramuka masih hampir sama transportasinya seperti yang ke Pulau Pari yaitu menggunakan kapal fery tradisional nan murah dan ramai penumpangnya dari Muara Angke. Pulau Pramuka dikenal sebagai pulau yang cukup banyak aktifitas, bangunan dan warganya yang sangat ramah dan sopan dengan wisatawan luar maupun lokal. Gak perlu heran ternyata memang Pulau Pramuka itu pusatnya pemerintahan Kepulauan Seribu. Disekeliling Pulau Pramuka terdapat cukup banyak pemandangan alam dibawah laut yang bisa dinikmati keindahannya dengan snorkeling, pulau yang wajib dikunjungi disekitar Pulau Pramuka yaitu Pulau Panggang, Pulau Karya (banyak kuburan, markas Polisi Kepulauan Seribu), Pulau Semak Daun, dan pulau-pulau lainnya. Beberapa orang banyak juga yang mengikuti scuba diving ke sana.

PPR19

situasi di Dermaga Muara Angke

Sekarang kembali ke kisah kami lagi. Karena isinya anak-anak yang masih suka main-main banget jadi kita didalam kapal fery menuju Pulau Pramuka masih sempet difoto-foto sama Gilang yang bawa kamera SLR dan main apa aja yang bisa dimainin selama perjalanan biar gak bosen, beberapa ada yang cuma diem aja karena mabuk laut. Aaaaakkk! Tapi tenang semenjak ada Antimo, hidup teman-teman saya jadi damai dan tenang selama kurang lebih 1 jam perjalanan ke Pulau Pramuka. Terima kasih Antimo *iklan*. Cuaca yang sangat baik membuat hati dan pikiran jadi tenang, berarti liburan yang tampak menyenangkan ini akan bersemi kembali. Hadeehhh bahasa udah mulai bijak dan baku nih gw. :”)

PPR

Lanjut, setiba di Pulau Pramuka, kita jalan kaki menuju homestay yang jaraknya lumayan buat olahraga, hitung-hitung olahraga gratis buat badan segar sebelum snorkeling. Sampai di homestay, ada yang ke kamar mandi, ada yang ke warung bahkan ada yang cuma tidur-tiduran sambil nunggu makan siang yang dianterin warga disitu.

PPR4PPR17

Siap-siap lagi setelah 2 jam kenyang dan energi udah full, kita ketempat pengambilan alat-alat snorkeling yang jaraknya lumayan dekat dan meluncur ke ojek perahu buat keliling pulau untuk snorkeling bersama teman-teman hingga lanjut ke tempat-tempat menarik di pulau-pulau kecil sekitar Pulau Pramuka hingga petang.

PPR2PPR3PPR5PPR8PPR7PPR18PPR9PPR11PPR10

Sayang sekali tidak ke tempat penangkaran penyu, ya sudah aku tak apa. Entah mengapa di Pulau Karya itu walaupun terkenal angker karena banyak kuburan dan situasi pulaunya yang kelihatan sepi, tapi malah paling bagus buat foto sunset dan foto-foto di tepi pantainya yang berpasir putih, sangat kontras tapi terlihat lumayan adil. HAHA! Menjelang maghrib kita harus balik ke homestay dan siap-siap untuk makan malam. Kebesokannya kita akan pulang dan tidak lupa untuk foto didepan tulisan gerbang pelabuhan “Pulau Pramuka, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Indonesia”. Lokasinya dekat dengan dermaga Pulau Pramuka.

PPR13PPR14PPR15

Once again, thank you for the natural beauty of the ocean that we have mainly Thousand Island still in part of our province, DKI Jakarta. I’m very grateful for it. We do not need to spend a lot of money to find splendor sea. See you next time Thousand Island!

PPR12

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s