Let’s find a hidden paradise in Karimun Jawa

KJ1Masih di tahun 2012 tepatnya bulan Mei. I’ve got some info about’ the beauty of islands in Central Java from friend of mine, that was called Karimun Jawa. Teman-teman sepermainan di kampus udah duluan kesana, pas liat foto-foto dan cerita-ceritanya langsung aja gw googling dan cari tau tentang Karimun Jawa. Karena udah tau cara menuju kesana dan udah dapet contact person orang sana dari temen, gw dan Tomy (baca cerita sebelumnya yang ke Pangandaran) cari orang buat berkelana lagi dan kali ini kita butuh banget air, pantai dan panas matahari (berasa bule, lol). Aha, ternyata beberapa teman sudah didapat. Kali ini anggotanya ada Tomy, Wadam (gw biasa manggil begitu karna kekuatannya terkadang seperti lelaki, peace dam.. :p nama sebenarnya Andi Andalusia, panggilannya Lusi dan dia adalah temen kampus gw), lalu ada Qinsi (dia anak Binus, temennya temen-temen gw, jadi dunia itu memang sempit seperti biasa), selanjutnya ada Ableh (nama sebenarnya Adith, dan dia adalah anak Binus temannya Tomy), kemudian ada pasangan Dion & Elma (yang pada saat itu mereka masih pacaran, Dion anak Binus temannya Tomy, Elma itu pacarnya Dion kuliah di Malaysia yang sedang pulang berlibur ke Jakarta). Sekian perkenalannya, mari siapkan alat perang yang punya alat snorkeling, camera underwater , sun block, obat-obatan dan makanan ringan mohon dibawa karena kita akan ke Jepara naik bis.

KJ25

Gw lupa hari apa tepatnya, yang pasti gw langsung jemput temen-temen di Pondok Indah pulang kantor dan cabut ke terminal Lebak Bulus dan menuju ke bis kita merek Bejeu jurusan langsung Jakarta-Jepara. Pertama lihat bisnya, wow! Gagah juga ini bis. warna hitam, slogan keren, desain bis mantap, fasilitas didalamnya lengkap (AC, TV, kamar mandi, coffee maker, WI-FI, semua adaaaaa, yang gak ada cuma kasur). The Elegant BLACK BUS with the COLORFULL ServicesEverybody said that. Jam 6 sore bis jalan dan kemungkinan kita sampe Jepara jam 5 subuh berarti di perjalanan nanti sekitar 11 jam. Gw dan temen-temen udah siap di bis dan gw beli nasi kuning dulu dari pedagang kaki lima karena laper banget. Saat di perjalanan awal-awal sih masih nikmat selayaknya naik bis biasa, makin malam bisnya ngebut banget, baca doa mulu gw sepanjang perjalanan. Bener aja entah bisnya yang ngebut atau karna makan nasi kuning tadi yang gw beli di terminal akhirnya gw muntah dan kena tas Dion. HAHAHA maaf ya yon. Akhirnya setelah dibantu temen-temen gw pun bisa agak tenangan tengah malem di bis (tapi tetep supir bis gas terus). Jam demi jam berlalu sambil dalem hati ya Allah cepet sampe kek. Bener aja lho, entah emang supirnya jago banget memperkirakan waktu atau memang dia mantan pemain film The Fast & The Farious, kita sampe jam 5 subuh di terminal Jepara. Tepuk tangan sambil kayang gw. Abang becak pun datang nganterin kita dari terminal ke pelabuhan Kartini karena memang cukup dekat jaraknya. Sampai pelabuhan katanya kapal bakal berangkat jam 1 siang, udah nunggu lama ternyata diundurin jadi jam 3 katanya kapal express-nya masih di Karimun Jawa belum bisa nyebrang karna kondisi permukaan laut yang gak stabil. Kita nunggu lagi sampe jam 3 ternyata ada pengumuman lagi dari management pelabuhan kalau ternyata kita tidak bisa menyebrang karena prakiraan cuaca yang sedang buruk, angin kencang dan mengakibatkan gelombang laut menjadi tinggi, mereka berjanji kapal express yang ke Karimun Jawa siap berangkat pukul 10 pagi pada esok hari. Semua calon penumpang pada saat itu banyak yang kecewa tentunya dan kita sibuk mikirin dimana kita bakal tidur, gak mungkin kalo bermalan di pelabuhan. Ternyata banyak info yang ngasih tau kalo ada tempat tinggal kosong yang bisa ditempatin, harga udah deal sama yang punya dan kita pun bisa tidur dulu pada malam itu.

KJ28

KJ21

Akhirnya tiba juga di Karimun Jawa!! Seneng bangettttt. Savvy travelers would be excited find a place to get some beautiful beaches and sea without needing to leave to other parts of Indonesia. I’m absolutely ready to discover these islands with my friends. Setelah foto-foto, mobil udah disiapin sama paket yang kita pesan sebelumnya untuk ke lokasi pantai lalu kita naik kapal kecil lagi untuk bisa ke tempat penginapan kita yang ditengah laut namanya Wisma Apung, ini perjalanan yang cukup panjang dan rasanya luar biasa pada saat sampe ke Wisma Apung, ibu Nurul yang jaga tempat itu pun menyambut kita dengan hangat dan ramah, makanan siang sudah disiapin, pelayananan yang sangat baik dari mereka. Mata gw pun terbelalak pas liat ternyata di wisma apung itu ada tempat penangkaran ikan hiu dan pari, katanya sih jinak dan kita bisa bermain dengan ikan-ikan itu kalau kita nurut sama peraturan petugasnya, tapi belum saatnya kita main disitu. Kegiatan kita yaitu akan keliling pulau dan snorkeling. Ganti baju, alat-alat snorkeling disiapkan, kapal siap menunggu. Aye, aye captain! Here we go!

KJ31KJ20KJ3KJ14

Agendanya hari ini akan keliling pulau-pulau di sekitar Karimun Jawa menjelajahi laut dan pantai yang terkenal seperti Pulau Tengah, Tanjung Gelam and Menjangan Besar (touted most beautiful). Snorkeling harus banget di sini di mana kita akan menemukan karang yang banyak sekali dan lautnya yang jernih dan biru. Batu karang dan ikan- ikan di sini sangat dijaga oleh penduduk asli Karimun Jawa jadi dijamin gak akan rugi untuk melihat langsung keindahan alam terutama di Indonesia.

KJ6KJ7KJ8KJ29KJ9KJ11KJ10KJ16

KJ18

KJ17KJ13KJ15

KJ23

KJ22

Sampe wisma rasanya nikmat banget karena kita udah capek keliling, snorkeling di beberapa tempat tapi puas banget, semuanya tampak begitu indah. Kegiatan di malam hari kita nyebrang ke pasar Karimun Jawanya hanya untuk makan malam, nongkrong (ngopi, ngemil, main kartu sampe lelah) dan kembali ke wisma. Hari terakhir pada pagi hari kita bermain dulu sama ikan-ikan buas di penangkaran wisma apung, sepertinya ikan-ikan itu sudah dikasih makan dan terlihat kenyang dan jinak tandanya kita dibolehkan turun dan bermain dengan mereka. Gw sempet takut sih awal-awal tapi karena gw harus merasakan sesuatu yang belum pernah gw lakukan jadi yahh yakin aja kalau mereka itu baik dan ternyata bener, gw turun ke kolamnya hiu-hiu, penyu dan pari. Untung ikan-ikannya cuma berenang mengelilingi kolam kami aja. Asik juga bisa foto mereka dan foto bareng.

KJ19

with Penyu

KJ5

KJ30

Time to go home! Hiks. Setiap mau pulang liburan selalu sedih karena merasa kurang lama terus tapi bagaimana pun gw dan temen-temen senang punya pengalaman seru, tak terlupakan dan puas banget sama pulau yang satu ini. Thank you KarJaw for having us. We had so much fun in your beautiful Islands. Everything is awesome!

KJ26

KJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s