Beautiful Pangandaran and Green Canyon Indonesia

gc1

tebing Green Canyon

I went there in 2011, I know it’s over a year ago but I’m so excited to telling you a story when I went to there with my beloved friends. Jadi pada waktu itu saat penuh dengan kejenuhan pada kegiatan-kegiatan kampus yang segunung, mulailah gw dan pacar gw Tomy (sekarang udah jadi mantan) punya rencana untuk jalan-jalan liburan. Karena situasinya ga mungkin kalau mau liburan yang seru berdua doang, jadilah kita ngajak temen-temennya Tomy yang memang kuliah di Binus.FYI, gw anak LSPR (London School of Public Relations) yang keren itu :p dan Tomy anak BINUS (Bina Nusantara). Langsung aja beberapa temen Tomy pada mau diajak jalan, dan temen-temennya berpasangan juga semuanya, ada pasangan Shiva-Gilang & Viska-Bram, kita menyebutnya “Triple Date on Vacation”. Sangat beruntung sekali karena Shiva orang Jawa Barat jadi dia agak mengerti daerah sana dan menyarankan untuk jalan-jalan ke Pangandaran karena pantainya yang bagus dan beberapa KM dari pantai Pangandaran ada Green Canyon‘nya Indonesia. I think it’s gonna be awesome trip for us obviously. Karena ini udah tahun 2011 jadi gw agak lupa cerita full versionnya jadi maklumin aja ya 🙂

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms. Kebayang kan kenapa gw sangat bersemangat buat dateng kesana dan menjelajahi tempat tersebut.

Sampai Pangandaran terlihat seru karena semuanya serba dekat kaya di Kuta, Bali. Dari hotel deket mau ke warung, tempat oleh-oleh, tempat makan, rumah warga dan ke pantai pun dekat. Bisa ditempuh dengan jalan kaki atau dengan sepeda. Sayangnya beberapa foto-foto disana udah gak gw simpan.

Kurang seru kalo liburan cuma diem di hotel atau cuma main air di pantai Pangandaran, mulai lah kami ber-6 pergi menuju petualangan lainnya yaitu ke Green Canyon Pangandaran. Secret Paradise of Pangandaran indeed. Ketika tiba di pintu masuk utama dan area parkir Green Canyon, gw melihat banyak perahu kayu yang populer disebut “ketinting” berbaris cantik di tepi sungai. Perahu-perahu inilah yang akan membawa kita ke Green Canyon dengan ongkos Rp75.000,00 per orang. Ketinting kemudian akan membawa kita menyusuri sungai, membelah hijaunya air dan perahu akan menciptakan gelombang kecil di setiap sisinya. Pokoknya keren deh. Sampai pada akhirnya kita tiba di sebuah tebing dan batu-batu besar yang dimana kita bisa melihat a little secret of paradise, Tebing tinggi dari Green Canyon itu sendiri sangat menarik dilihat apalagi untuk langsung dijelajahi. Si abang ABK (Anak Buah Kapal) ternyata nawarin kita untuk explore Green Canyon lebih mendalam dengan aktifitas Body Rafting yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah, kita mendapatkan kegiatan tersebut dengan membayar si ABK dan mendapatkan peralatan keselamatan lengkap lebih murah ketimbang membeli paket keliling dengan perahu dan Body Rafting di loket awal perjalanan.

gc2

gc3

Liburan pada saat itu momen langka buat gw karena baru kali ini gw merasakan yang namanya menjelajahi suatu tempat pertama kali itu sangat menarik dan penuh dengan rasa penasaran tersendiri. Bener aja, loncat dari tebing Green Canyon dengan ketinggian 5 meter menjadi tantangan buat gw dan langsung kita nyobain tuh loncat dari tebing. Awalnya excited manjat ke atas tebing kesannya keren, pas udah diatas kaki gw gemeter karna mau loncat rasanya udah kaya mau mati! Tapi dengan keberanian tinggi gw memberanikan diri untuk loncat dan merasakan yang namanya nyatu sama alam seperti apa.

gc4

gc5

Setelah kelar bermain dengan keindahan alam di Green Canyon, kita langsung balik ke hotel, ngebersihin diri dan bersiap-siap untuk mengelilingi kota setempat dari sekitaran pantai Pangandaran dan mengelilingi Pangandaran dengan menggunakan kendaraan beroda empat yang terlihat gahar tapi mempunyai ukuran yang imut yaitu ATV (All Train Vehicle). Banyak para penjual jasa penyewaan atv di Pantai Pangandaran dengan berbagai jenis ukuran dan warnanya, pada umumnya sewaan atv di Pantai Pangandaran dihitung per jam dan harian dengan harga sewa per jamnya bervariasi mulai dari harga Rp.50.000,-/jam, tergantung ukuran besar jenisatv-nya.

gc6

gc7

Ini perjalanan pertama kali yang agak sedikit challenging bagi gw. Selain perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Pangandaran menggunakan kendaraan pribadi, mengelilingi Green Canyondengan perahu dan banyak binatang liar disekitar perjalanan menuju tebing utama Green Canyon, mengitari kota Pangandaran dengan hanya menggunakan ATV. However, that’s my experience with a huge excitement things that I never ever forget those moment. Marvelous journey I had.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s